Selasa, 20 Maret 2012

SOTOJI - Soto Jamur Instan Nomer Siji

Soto atau juga sering disebut dengan sroto maupun coto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sudah sangat melegenda. Bahan utama kuliner ini terbuat dari kaldu daging dan sayuran, dimana sapi dan ayam merupakan daging yang sering digunakan. Soto sendiri mempunyai berbagai jenis yang mencirikan suatu daerah tertentu. Seperti soto Betawi, soto Banjar, soto Sokaraja (Purwokerto), coto Makasar dan masih banyak lagi. Semua soto tersebut mempunyai kandungan serta cara penyajian yang beragam antara yang satu dengan yang lain. Yah, itulah salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia dengan segala perbedaannya.
Namun pernahkan anda membayangkan soto yang bahannya jamur? Yang enak dan dapat anda masak dengan mudah, dan praktis? Ya, di tahun 2012 ini anda akan menemukannya dengan nyata bukan hanya dalam bayangan. Sebuah perusahaan makanan di Bogor yaitu PT. Tri Rastra Sukses Sejahtera belum lama ini meluncurkan produk baru yaitu SOTOJI. SOTOJI adalah suatu terobosan baru soto instan yang berbahan dasar mie sohun dan dikombinasikan dengan Jamur Tiram goreng. Jamur memang selain terkenal dengan kelezatannya juga banyak mengandung serat dan protein nabati yang baik untuk kesehatan.
Dalam masa promosi tersebut, SOTOJI telah membagi-bagikan produknya secara gratis bagi sobat blogger di seluruh Indonesia. Beruntung saya termasuk orang yang dapat mencicipi SOTOJI ini. Walaupun sebelumnya sempat putus asa karena tak kunjung datang, akhirnya SOTOJI datang di saat yang tepat. Saat bangun tidur, hujan turun dan  ibu kebetulan belum masak karena tukang sayur belum datang. Alhamdullilah, kurir dari JNE datang bawa SOTOJI (*Trimakasih banyak pak). Dan berikut review saya tentang produk SOTOJI – Soto Jamur Instan.


Nama Produk
SOTOJI – Soto Jamur Instan
Produsen
PT. TRI RASTRA SUKSES SEJAHTERA
Bogor – Indonesia
Berat Bersih
70g
Komposisi
Sohun, Jamur Tiram Goreng, Bumbu, Minyak Soto, Cabe Bubuk.
Informasi Nilai Gizi (Takaran Saji 1 bungkus)
Protein              :   3%
Karbohidrat      : 60%
Lemak              :   9%
Energi Total     : 296 kkal
Sertifikat
DEPKES RI = No. P-IRT 8043271011186
HALAL = Majelis Ulama Indonesia


KEMASAN 

    
Dengan warna kemasan yang dominan adalah hijau, tampak sekali bahwa sotoji ini ingin menggambarkan bahwa soto yang satu ini sehat dan baik untuk kesehatan. Bahan dari kemasan kalau tidak salah terbuat dari aluminium foil, yang memang bagus digunakan untuk produk makanan. Untuk bagian desain, menurut saya sudah cukup bagus dan menarik, namun ada beberapa yang mungkin perlu ditambahkan atau dilengkapi dalam kemasan diantaranya:
1.      Informasi nilai gizi yang disajikan menurut saya kurang rinci. Karena biasanya informasi nilai gizi ini di bandingkan dengan Angka Kecukupan Gizi atau %AKG, sehingga nantinya konsumen dapat membuktikan bahwa SOTOJI Soto Jamur lezat, tinggi kandungan serat & protein nabati dari kemasan tersebut. Meski tak bisa dipungkiri Jamur memang memiliki kandungan protein yang tinggi yang jika dihitung berat kering kandungan proteinnya mencapai 10,5 – 30,4% bandingkan dengan beras yang hanya mencapai 7,3%. Sedangkan lemak yang terkandung dalam jamur tiram itu sendiri adalah 78% asam lemak tidak jenuh yang aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipi lainnya. (Wikipedia)
2.      Untuk Customer Service/ Pelayanan Pelanggan yang tercantum dalam kemasan hanyalah alamat email yang tertulis suarakonsumen@sotoji.com, alangkah baiknya jika dilengkapi dengan nomor telepon yang bisa dihubungi langsung oleh konsumen atau bisa juga ditambahkan alamat surat/ P.O. BOX.
3.      Mungkin perlu ditambahkan sebuah catatan kecil untuk menjamin kepuasan konsumen yang isinya memastikan bahwa konsumen mendapatkan produk yang memang dalam kondisi yang baik. Seperti “Jangan diterima bila kemasan rusak

RASA

Sebelum kita merasakan Soto Jamur Instan ini tentunya kita harus memasaknya terlebih dahulu yaa.., *Ingat jangan dimakan mentah-mentah! :D
Dan berikut cara memasaknya 

1.      Rebus Sohun dan Jamur Tiram Goreng kedalam 400cc (2 gelas) air mendidih selama 2 menit, jangan lupa sambil diaduk-aduk ya..,



2.    2. Sementara itu siapkanbumbu, minyak soto dan cabai bubuk kedalam mangkok.
3.    3. Campur Sohun dan Jamur Tiram beserta kuahnya kedalam mangkok yang sudah ada bumbunya tadi, dan   aduk hingga rata.



4.      Taraa.., Soto Jamur Tiram original tanpa tambahan apapun siap dinikmati. :D (untuk keperluan test, maka sengaja tidak ditambahkan apapun untuk lebih memunculkan rasa Asli SOTOJI ini)

Penasaran Bagaimana Rasanya.???
Berikut adalah beberapa testimoni dari keluarga saya yang ikut mencicipi Soto Jamur Instan SOTOJI ini.
Ayah

”Wah daripada mie kuah yang biasanya, lebih enak ini. Cocok untuk teman nasi”





Kakak 1

“Rasa sotonya pas banget, tapi untuk jamurnya kurang empuk”





Dimas
Meski si kecil ponakanku ini belum bisa ngomong dengan jelas tapi satu kata terucap
                       “ENAAAK..!!!” :D




Saya

"Pokok’e MAKNYUSS.!!!!"





Selain anggota keluarga saya tersebut sebenarnya masih ada lagi seperti ibu dan kakak ke-3 saya. Mereka menanggapi positif tentang sotoji ini. Ow iya ada pesan dari Ibu saya yang sedikit lucu. Ibu bilang bahwa kemarin kurang banyak sampel SOTOJInya boss :D. Maklumlah kemarin yang terakhir sisa dua untuk rame-rame. Tapi SOTOJI memang enak untuk dimakan bareng nasi.
Untuk rasa berikut sedikit review saya: Dalam rentan waktu 2 menit setelah jamur dimasukkan bersama-sama mie sohun ternyata untuk jamurnya masih terasa alot/ kenyal. Sedangkan untuk mie sohun sudah mendapatkan rasa yang pas, tidak terlalu kenyal dan juga tidak terlalu empuk. Untuk menyikapi hal itu menurut pengalaman saya kemarin, untuk mendapatkan tekstur yang pas dari jamur tiram, maka dapat disiasati yaitu dengan cara jamur tiram dimasukkan terlebih dahulu pada air yang mendidih. Setelah ± 0.5-1 menit baru masukkan mie sohun. Setelah itu sama seperti langkah biasanya saja.
Kemudian untuk rasa sotonya sudah berasa, cuma untuk menambah kenikmatan lagi untuk kedepannya dapat ditambahkan bawang goreng di dalamnya. Pasti tambah maknyuss.. J satu lagi saran saya untuk rasa yaitu, sebaiknya diadakan varian baru dari sotoji ini yaitu sotoji versi Ekstra pedas. Jadi untuk yang suka pedas mungkin hal ini akan lebih menjadi pilihan utama, karena menurut yang saya rasakan kemarin juga berasa kurang pedas, namun setelah saya tambah sambel sendiri buatan Ibu, ternyata rasanya tambah muantep. Bikin lidahnya bergoyang-goyang terus deh..
     Ow iya, saran saya satu lagi sebaiknya diberikan harga yang transparan jadi jika konsumen ingin melakukan pembelian langsung bisa mengetahui berapa kira-kira nanti jumlah biaya yang dikeluarkan. Soalnya saat saya sendiri browsing, ada bermacam-macam yang menawarkan produk SOTOJI ini dan harganya pun bervariasi. Saya sendiri belum tanya langsung ke pihak sotoji mengenai harga satuan, karena sedang sibuk menyusun proposal skripsiku. :) Atau mungkin mau mengecek harganya sengiri silahkan hubungi contact nya langsung klik aja disini. Dan entah sudah ditentukan atau belum, sebaiknya diberikan patokan harga eceran tertinggi sehingga hal ini akan lebih melindungi konsumen. hehe., :D


KESIMPULAN
Secara keseluruhan produk terobosan baru asli anak negri ini memang patut diacungi jempol, selain inovasi barunya yang original produk SOTOJI ini memiliki rasa soto yang khas asli Indonesia. Sotoji ini juga memiliki banyak kandungan gizi yang tinggi kandungan serat dan protein nabati. Sukses terus sotoji.!!

Penasaran?? Langsung aja kunjungi website resmi Sotoji http://sotoji.com atau langsung melakukan pemesanannya disini.

*Bismillahirrahmanirrahim*
Artikel ini saya ikut sertakan dalam lomba blog sotoji, semoga belum terlambat. 

2 komentar:

  1. Hai kawan, salam kenal, wah.. setuju deh.. SOTOJI emang mantap, hehehe.. aku juga punya sotoji lho.. di http://blog.sholikhan-s.com/2012/03/kenapa-harus-sotoji.html , jangan lupa liat pidionya juga http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=ni0tDtLwQOQ makasih...

    BalasHapus
  2. @em_sholikhan: salam kenal jga kawan.,
    sudah ke TKP nih.. :)

    BalasHapus